Training Organisation - Okeforisma

Okeforisma

Ngaji Itu Asik

Like Us On Facebook

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday 16 December 2015

Training Organisation

TRAINING ORGANISATION FORISMA '17

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Foto Training Organisasi Akhwat FORISMA
          Hai sahabat pembaca! Apa kabar saudaraku? Masihkah semangat berkobar di dalam hatimu? Di kesempatan yang baik ini, FORISMA kembali menyapa para pembaca dengan sedikit berbagi cerita tentang salah satu program kerja FORISMA yang alhamdulillah sudah terlaksana di awal bulan Desember 2015 ini. Tepatnya pada tanggal 5-6 Desember 2015 lalu, FORISMA menyelenggarakan kegiatan Training Organisation. Training Organisation FORISMA adalah kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana untuk membangun kembali semangat dan konsistensi seluruh anggota FORISMA. Karena dalam berdakwah, semangat ibarat bensin untuk menjalankan tugas tugas yang telah menjadi amanah bagi kita. Sedangkan konsistensi adalah modal wajib dalam menyelenggarakan organisasi, dan tanpanya organisasi tidak akan berjalan dengan baik.

Foto Kegiatan Tadarus Al-Quran

         Dalam kegiatan ini, untuk anggota ikhwan kegiatan Training Organisation FORISMA di mulai pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) atau bermalam di sekolah. Sedangkan untuk anggota FORISMA akhwat, kegiatan Training Organisation baru dimulai di hari Ahad, 6 Desember 2015. Kegiatan Training Organisation bagi anggota akhwat ini, dimulai dengan season pertama yang di isi oleh Ustadz Hartana. Oiya, season pertama bagi anggota FORISMA akhwat ini, merupakan season penutupan bagi anggota FORISMA ikhwan. Di season ini, anggota FORISMA mendapatkan banyak ilmu mengenai Manajemen Diri. Dari ulasan yang di sampaikan oleh Ustadz Hartana dapat diambil hikmah bahwa dalam sebuah manajemen diri, seseorang butuh 4 hal. Pertama, shohihul aqidah atau aqidah yang benar. Kedua yaitu shohihul ghoyyah, ada yang tahu apa maknanya? Benar sekali, shohihul ghoyyah mempunyai arti tujuan yang benar. Selanjutnya mutaba'ah yaitu mengikuti dan mengawasi sebuah program agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Dan yang terakhir adalah sesuatu yang paling penting, yaitu istiqomah.

          Setelah mendapatkan ilmu tentang manajemen diri, peserta Training Organisation FORISMA diajak untuk bermain games. Mulai dari games yang pertama yaitu games FORISMA pintar. Pada games ini setiap anggota FORISMA dituntut untuk menjadi pribadi yang smart dalam berfikir serta dapat menyelesaikan masalah dengan bekerjasama dengan teman sekelompok. Kemudian games yang kedua yaitu memasukkan pensil dalam botol. Walaupun game ini nampak begitu sederhana, namun game ini sangatlah sarat akan makna. Pada game ini diajarkan bahwa  setiap orang atau pribadi wajib menyingkirkann sifat egoisnya dalam berorganisasi.
Games Ikhwan FORISMA

          Dan games yang terakhir yaitu games menara koran. Pada games ini setiap kelompok diberi intruksi untuk mendirikan sebuah menara setinggi tingginya dan sekokoh kokohnya dengan menggunakan setumpuk kertas koran tanpa bantuan perekat atau alat yang lainnnya. Games ini mengajarkan peserta agar ketika membuat cita cita atau impian harus tinggi dan juga kokoh.
Mungkin itu tadi sedikit cerita dari FORISMA untuk para pembaca, semoga bermanfaat. 
Hamasah wa istiqomah! Keep inspiring and syar'i ya! ^^


Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here