Tips Agar Tampilan Mading Menarik - Okeforisma

Okeforisma

Ngaji Itu Asik

Like Us On Facebook

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday 3 March 2017

Tips Agar Tampilan Mading Menarik


Hal-Hal Yang Harus  Diperhatikan Dalam Proses Pembuatan Mading

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh
 Hai! Sobat FORISMA yang dirahmati Allah, Apa kabar nih? Semoga senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin.
By the way, ini merupakan artikel perdana yang dibuat oleh para anggota FORISMA-18 dari divisi mading loh... Pada tema kali ini kami mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang divisi majalah dinding atau yang biasa dikenal  disebut dengan Mading dan Penerbitan.
Di bulan Februari lalu, divisi mading telah memasuki edisi ke 5. Pada edisi ini kami menyiapkan kertas kosong yang diisi kritik dan saran agar mading lebih baik untuk kedepannya, asekk.


Dari kritik dan saran pada gambar diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan mading, diantaranya :





1.       Penempatan Mading
Tempat disini harus strategis, biasa pemilihan tempat ini dipilih tempat-tempat yang sering dilalui orang.

2.       Menentukan hari penggantian madding setiap bulannya sekaligus temanya
Penggantian mading ini direncanakan untuk satu tahun kedepan, temanya sendiri ditentukan dari tradisi-tradisi masyarakat atau perayaan hari- hari besar tertentu. Missal pada bulan februari sedang marak-maraknya orang merayakan hari  valentine maka, sebelum hari-H tersebut atau minimal 2 minggu sebelummya*) kita membuat mading dengan tema “SAY NO TO VALENTINE”.
*)Kenapa mading harus dibuat jauh sebelum hari-H, salah satu alasannya agar pesan yang ingin kita sampaikan bisa sampai ke hati pembaca dan pembaca sadar akan perbuatan yang akan dilakukannya, contohnya : banyak orang belum tau, bagaimana hukum pemberian hadiah dan coklat di hari valentine? Memberi hadiah hukumnya sunnah, tapi berganti hukumnya menjadi haram apabila dasarnya untuk merayakan valentine karena hukum merayakan valentine sendiri sudah haram…dari contoh tersebut pembaca mengerti dan tidak akan member ataupun menerima hadiah pada hari valentine.

3.       Pemilihan kata
Kata atau bahasa yang digunakan diusahakan santai tetapi tetap formal dan santun.

4.      Artikel jangan bertele-tele
Maksudnya mading jangan terlalu banyak diisi oleh artikel-artikel tanpa memikirkan pembaca yang akan bosan membacanya, seharusnya to the point atau langsung ke bahasan pokok tema yang sedang dibahas, dibutuhkan juga beberapa kata-kata sentilan kecil untuk pembaca.

5.       Pemilihan warna dan desain mading
Warna harus sesuai dengan tema dan dari edisi ke edisi tiap bulannya berbeda baik warna maupun penampilan agar tidak terkesan monoton.

6.       Menarik dari jauh
Bisa ditambahkan berbagai gambar-gambar animasi menarik agar orang orang tertarik saat baru melihatnya dari jauh sehingga pembaca kemungkinan akan membaca hal-hal yang kita sampaikan.

7.       Sumber terpercaya
Sebaiknya untuk artikel-artikel yang hanya copas alias copy paste, harus mencantumkan alamat web atau sebagainya di bagian bawah artikel serta menyeleksinya terlebih dahulu sebelum informasi tersebut disampaikan kepada pembaca.

8.       koordinasi sesama anggota
Yang terakhir ini juga sangat penting loh.. koordinasi harus terjalin akrab dan adil. Dalam pembuatan mading, kami menggunakan system pergantian setiap bulannya, bingung ya? Jadi divisi mading dibagi menjadi dua kelompok, jika bulan ini yang membuat artikel beserta isinya adalah kelompok 1 dan yang membuat desainya atau background -nya kelompok 2 , maka pada bulan berikutnya kebalikannya, dan begitu seterusnya.
Huwaah,, semoga gak capek ya bacanya.
Cukup sekian sedikit ilmu yang dapat kami sampaikan, semoga menambah ilmu bagi para pembaca.  Kurang dan lebihnya harap isi kolom comment di bawah artikel ini, hehe. Jangan bosen-bosen baca artikel di blog kami, nantikan artikel berikutnya dan edisi mading selanjutnya, see ya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.



_SAY NO TO COPAS_DIVISI MADING FORISMA 18_








No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here